Model Soal PLBJ Kelas 4 Semester 2 dan Kunci Jawaban Komponen Esai

Seiring dengan akan selesainya semester genap di tahun ajaran 2022/2023, banyak siswa dan orang tua siswa yang mulai mencari model soal untuk bahan latihan sebelum ujian. Salah satunya merupakan mencari model soal PLBJ kelas 4 semester 2 dan kunci jawaban.
Pencarian tentang model soal ini tentu mempunyai banyak latar belakang. Sebagian hal yang melatarbelakangi pencarian hal yang demikian merupakan keperluan siswa untuk melatih diri melaksanakan soal dan untuk mengasah kekuatan ingat terhadap materi pelajaran PLBJ.
Apa Itu PLBJ?

PLBJ itu sendiri merupakan singkatan dari Pengajaran Lingkungan dan Istiadat Jakarta. Sebagaimana namanya, mata pelajaran ini mengajari siswa untuk mengenali lingkungan serta budaya Jakarta.
Mengutip dari jurnal berjudul Pengembangan Gambaran pada Buku Pembelajaran Lingkungan dan Istiadat Jakarta Tingkat Sekolah Dasar karya Mahardika (2022: 67), sebagian tujuan PLBJ antara lain:
Agar siswa mempunyai kesanggupan mengetahui konsep-konsep yang terkait dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya, khususnya budaya Betawi.
Mempunyai kesanggupan logis dan kritis dalam memecahkan problem kehidupan sosial.
Menurut penjelasan hal yang demikian, dapat dipahami bahwa kemungkinan besar soal yang ada dalam mata pelajaran PLBJ bahkan akan memuat tentang lingkungan serta budaya Jakarta. Selain itu, memungkinkan pula bahwa PLBJ membuat soal yang menguji penalaran siswa mengenai problem dalam kehidupan sosial.
Guna memberikan ilustrasi spaceman slot terhadap siswa dalam menghadapi ujian PLBJ serta memberikan ilustrasi bagi orang tua siswa untuk mendampingi buah hati saat belajar PLBJ, inilah empat model soal PLBJ kelas 4. Orang tua dapat mengajak buah hati untuk mengisi soal khususnya dahulu, kemudian mengkoreksi jawabannya.
4 Model Soal PLBJ Kelas 4 Semester 2 dan Kunci Jawaban

Berikut merupakan model soal PLBJ kelas 4 yang mengutip dari buku berjudul PLBJ: Pengajaran Lingkungan dan Istiadat Jakarta untuk Sekolah Dasar Kelas 4 karya Mulyadi, dkk.
Kenapa badan ondel-ondel besar?
Apa perbedaan antara ondel-ondel laki-laki dan perempuan?
Sebutkan ciri-ciri air bersih!
Kenapa jarak sumur dan septic tank harus cukup?
Setelah buah hati mengisi keempat soal di atas, orang tua dapat mengkoreksi jawaban buah hati dengan menerapkan kunci jawaban di bawah ini.

  1. Jawaban Soal Nomor 1
    Ondel-ondel mempunyai badan yang besar karena mempunyai maksud sebagai penolak bala atau gangguan roh jahat.
  2. Jawaban Soal Nomor 2
    Perbedaan antara ondel-ondel laki-laki dengan perempuan merupakan ondel-ondel laki-laki umumnya berwarna merah, padahal ondel-ondel perempuan umumnya berwarna putih. Selain itu, ondel-ondel laki-laki umumnya mempunyai kumis.
  3. Jawaban Soal Nomor 3
    Ciri-ciri air bersih, merupakan:
    Jernih
    Tak berwarna
    Tak berbau
    Tak berasa atau tawar.
    Mempunyai pH netral.
    Tak mengandung zat kimia berbahaya.
    Tak mengandung kuman berbahaya.
    Tak lengket.
  4. Jawaban Soal Nomor 4
    Alasan jarak sumur dan septic tank merupakan agar air sumur tidak terkontaminasi oleh air septic tank. Selain itu, jarak antara sumur dan septic tank juga mempunyai kegunaan untuk menjaga air sumur konsisten sehat dan bebas dari kuman yang menyebabkan penyakit.
    Baca juga: Kumpulan Soal PLBJ Kelas 3 Semester 1 dan Kunci Jawaban
    model soal PLBJ kelas 4 semester 2 dan kunci jawaban kali ini. Selamat mempelajari pelbagai materi dan model soal lainnya guna mempersiapkan ulangan semester 2 sebaik mungkin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *