Alasan Kenapa Memilih SMK daripada SMA yang Perlu Kamu Ketahui

Dikala kau berada di tempat duduk SMP/MTs/Sederajat tentunya kau telah mempersiapkan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. SMK menjadi salah satu opsi untuk melanjutkan studi. Tentunya, terdapat alasan kenapa memilih SMK daripada SMA sehingga kau perlu mengetahuinya.

Alasan Kenapa Memilih SMK daripada SMA
Sama halnya dengan SMA, pendidikan di tempat duduk SMK juga dicapai dalam jangka waktu tiga tahun. Tentunya terdapat sebagian hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih sekolah. Berikut yakni alasan kenapa memilih SMK daripada SMA:

  1. Memiliki Kesempatan Memperoleh Profesi Lebih Awal
    Berbeda dengan SMA, pelajar SMK akan dibekali dengan keahlian tertentu yang tertuang dalam mata pelajaran. Alternatif itu bisa diciptakan sebagai salah satu upaya untuk mempersiapkan alumni SMK agar memiliki kompetensi tersendiri setelah lulus. Dengan keahlian yang dimiliki, alumni SMK lebih siap kerja sehingga lebih gampang untuk mendapatkan pekerjaan lebih awal.

Sedangkan banyak yang memilih SMK dikarenakan tidak berniat untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, namun slot bonus new member ketika ini banyak sekali kampus yang membuka kelas karyawan. Alternatif itu membuat alumni SMK juga tetap bisa bekerja sambil kuliah untuk meningkatkan kualifikasi diri.

  1. Terdapat Banyak Alternatif Bidang Keahlian
    SMK memiliki banyak bidang keahlian sehingga kau bisa memilih jurusan yang pantas dengan ketertarikan. Jurusan yang dibuka lazimnya juga menyesuaikan dengan keperluan industri di kota SMK berada. Mendalami bidang keahlian yang disukai semenjak dini akan membantu kau untuk menguasai lebih banyak.
  2. Memiliki Bekal Kewirausahaan
    Selain memiliki bekal kejuruan, memilih SMK juga membantu kau untuk memiliki bekal dibidang kewirausahaan. Kamu akan mendapatkan mata pelajaran kewirausahaan sekaligus praktek. Alternatif tersebut akan membantu kau untuk mendapatkan pengalaman dalam hal berwirausaha.
  3. Bisa Melanjutkan Pengajaran ke Perguruan Tinggi
    Tamatan SMK tetap bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Kalau kau ingin memperdalam bidang ilmu yang kau miliki, karenanya kau bisa memilih program studi yang serasi dengan jurusan di SMK. Kamu juga bisa mendapat bidang keahlian baru karena ketika melanjutkan studi ke perguruan tinggi, kau tidak seharusnya mengambil program studi yang sama dengan jurusan ketika di SMK.
  4. Tarif Lebih Hemat
    Tarif pendidikan di SMK relatif terjangkau apabila dibandingkan dengan SMA. Selain itu, orang tua juga tidak perlu kuatir ketika putra/putrinya tidak melanjutkan ke pendidikan tinggi karena dibangku SMK, siswa/i telah dibekali dengan keterampilan sehingga ketika lulus telah siap untuk bersaing di dunia kerja.
  5. Memperoleh Pengalaman dari PKL
    Siswa SMK akan memiliki ilustrasi berkaitan kondisi di dunia kerja melaui program Praktek Kerja Lapangan (PKL) atau prakerin. Setiap siswa/i SMK seharusnya melakukan PKL. Biasanya kegiatan ini dikerjakan ketika siswa/i duduk di kelas 2. Sebagian pelajar juga melakukan PKL ketika menginjak kelas 3.
  6. Memperoleh Mata Kuliah Praktek Lebih Banyak
    Kalau dibandingkan dengan SMA, pelajar SMK akan lebih banyak mendapatkan mata pelajaran praktek. Alternatif itu dikarenakan siswa/i juga dipersiapkan untuk memiliki keahlian dan kompetensi tertentu setelah lulus nanti.

Nah, itulah sebagian alasan kenapa memilh SMK daripada SMA. Alternatif macam sekolah menengah perlu diperisapkan semenjak dini karena akan menyangkut dengan karir kau dimasa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *