Upaya Pengaplikasian Pendidikan Karakter Bagi Siswa SMA

SMA sebagai institusi pendidikan tingkat lanjutan adalah salah satu sumber kekuatan yang penting. Sambil mengevaluasi tujuan kita, sangatlah penting untuk membentuk kurikulum yang secara jelas memuat pendidikan karakter. Tetapi, semakin simpelnya waktu studi serta mahalnya biaya pendidikan mendukung siswa menjadi siswa yang pragmatis dalam mencapai cita-citanya.

Aktivitas akademik sungguh-sungguh menuntut fokus siswa sehingga porsi bagi kesibukan kesibukan sosial menjadi semakin slot777 sedikit. Dorongan untuk berinteraksi secara sosial dengan sesama sungguh-sungguh kurang, padahal hal ini sungguh-sungguh penting dalam pembentukan karakter.

Menurut perhatikan singkat kepada para tamatan, ditemukan bahwa banyak tamatan yang rupanya tidak siap terjun ke dunia perkuliahan. Energi tahan dan kemampuan beradaptasi dalam lingkungan dan tekanan profesi kerap dikeluhkan sebagai kendala utama yang menghalangi pengembangan karir. Menyadari bahwa karakter individu tidak bisa disusun cuma via satu atau dua kesibukan saja, maka akan disusun kurikulum pembinaan karakter dalam mata pelajaran yang berkesinambungan dan terintegrasi dalam pelajaran, dimana proses tersebut juga melibatkan guru, karyawan, dan institusi lain dalam sekolah, sehingga manfaat pembinaan karakter bisa dinikmati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *