Rektor: Kompetensi dan Karakter Jadi Modal Lulusan di Dunia Kerja

Universitas Kristen Krida Wacana (Ukrida) melakukan wisuda ke-65 Sarjana dan ke-39 Magister Manajemen pada Sabtu, 27 April 2024 di Pulman Hotel, Jakarta Barat bagi 393 sarjana.

Setelah ibadah permulaan wisuda yang dilayani Pdt. David Sudarto dari GKI Gunung Sahari, Rektor Ukrida Prof. Herman Parung dalam sambutan menyampaikan ucapan selamat kepada wisudawan.

Prof. Herman menegaskan, Ukrida telah membekali para tamatan dengan kompetensi teruji dan karakter terpuji yang memampukan tamatan berkompetisi di dunia kerja.

“Dengan dua variabel utama hal yang demikian, ialah kompetensi dan karakter, Ukrida telah memampukan saudara-saudara untuk sukses dalam menghadapi kompetisi di dunia kerja,” tambahnya.

Prof. Herman menyampaikan, hal ini dibuktikan dengan tracer study rutin Unit Lulusan dan Pusat Karir yang menonjolkan masa tunggu tamatan sarjana Ukrida kurang dari 3 bulan sesudah mereka lulus.

“Malah banyak mahasiswa Ukrida yang telah menerima pekerjaan sebelum mereka lulus kuliah,” ungkap Prof. Herman Parung.

Rektor Ukrida melanjutkan, “dua variabel utama ini akan konsisten dijaga dan ditingkatkan oleh Ukrida. Kompetensi yang teruji dijalankan dengan selalu memperbaharui kurikulum sehingga kurikulum tersusun layak dengan tuntutan dunia kerja.

“Sementara itu, lanjutnya, dengan memberikan kans luas kepada mahasiswa meniru program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), mahasiswa memiliki pengalaman pendidikan di luar program studinya baik di Ukrida ataupun di luar Ukrida.

“Dan ditambah dengan kans untuk magang di dunia industri, sehingga memampukan mahasiswa mengasah dan memperkuat kompetensinya. ini akan berdampak dikala mereka lulus, langsung dapat diterima dengan baik di dunia kerja,” lanjut Prof. Herman.

“Sementara itu karakter yang terpuji dijaga oleh Ukrida via Unit Pengembangan Karakter, yang mewajibkan mahasiswa Ukrida sebelum lulus mesti dapat mengumpulkan minimum 100 nilai soft skill,” pungkasnya.

Dalam kans sama, Ketua Badan depo 10k Pengurus YPTK Krida Wacana Oki Widjaja mengingatkan, hari wisuda bukanlah akhir tapi permulaan sebuah perjuangan untuk meraih karier. “Sebagai sarjana baru seyogyanya bersyukur sebab Ukrida telah melengkapi bidang akademik dengan iman serta nilai-nilai kemanusiaan,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *