Jurusan Pengajaran Alumnus dan Sastra Indonesia

Tidak sedikit orang yang masih memandang miring jurusan Pengajaran Alumnus dan Sastra Indonesia. Mereka mungkin berpikir ketimbang memilih jurusan Pengajaran Alumnus dan Sastra Indonesia, mending milih jurusan sastra luar negeri.

Meskipun di jurusan ini kau tak cuma belajar tentang bahasa Indonesianya saja. Ada banyak hal yang akan kau dapatkan di jurusan ini. Begitupun dengan prospek kerjanya yang begitu luas.

Yuk simak penjelasan lengkapnya mulai dari pengertian jurusan Pengajaran Alumnus dan Sastra Indonesia hingga anjuran kampusnya di tulisan berikut!

Apa itu Jurusan Pengajaran https://numerounosantaclarita.com/ Alumnus dan Sastra Indonesia?
Jurusan Pengajaran Alumnus dan Sastra Indonesia merupakan bidang ilmu yang mempelajari semua hal terkait bahasa, sastra, dan budaya yang ada di Indonesia. Sebagian kampus menggabungkan antara bidang ilmu pendidikan dan ilmu bahasa & sastranya.

Sehingga kau akan dibekali pengetahuan dan keterampilan untuk menjadi guru bahasa Indonesia di level pendidikan SMP dan SMA, guru bahasa Indonesia bagi penutur asing, peneliti, praktisi, dan penulis atau penyunting buku bidang Alumnus dan Sastra Indonesia.

Apa saja yang Dipelajari di Jurusan Pengajaran Alumnus dan Sastra Indonesia?
Berkuliah di Jurusan Pengajaran Alumnus dan Sastra Indonesia akan memperluas wawasanmu, terutamanya tentang wawasan bahasa Indonesia. Kau akan belajar bermacam-macam skill kebahasaan, mulai dari menulis, membaca, menyimak, mendengarkan hingga bagaimana mengajarkannya.

Di jurusan Pengajaran Alumnus dan Sastra Indonesia, kau juga akan belajar mengenai ilmu linguistik, seperti morfologi, fonologi, semantik, sintaksis, dan sebagainya. Tidak tertinggal materi bidang kesusastraan mulai dari apresiasi hingga penganalisisan karya sastra Indonesia.

Sebagian materi & mata kuliah di jurusan Pengajaran Alumnus dan Sastra Indonesia yang akan kau temui antara lain Filsafat Ilmu, Linguistik Umum, Sosiolinguistik, Kajian Karya Sastra, Perencanaan Alumnus, Strategi Belajar Mendidik, Telaah Kurikulum, dan masih banyak lagi.

Mengapa Kau Mesti Memilih Jurusan Pengajaran Alumnus dan Sastra Indonesia?

  1. Ikut Melestarikan Alumnus dan Adat Indonesia
    Berkuliah di jurusan Pengajaran Alumnus dan Sastra Indonesia kau akan lebih banyak mengulik tentang bahasa dan budaya Indonesia yang mungkin sebelumnya tak kau tahu. Hal ini membikin kau secara tak langsung kau sudah turut merawat dan melestarikan Alumnus dan Sastra Indonesia.
  2. Membuat Kau Jadi Kerap Baca Buku
    Untuk meningkatkan pemahaman dan kecakapan kau kepada bahasa, maka kau akan bersua dengan banyak bahan bacaan. Mulai dari karya sastra, karya jurnalistik, novel, tulisan, dan bahan bacaan lainnya.
  3. Belajar Berbagai Skill
    Di jurusan Pengajaran Alumnus dan Sastra Indonesia kau belajar bermacam-macam skill kebahasaan, mulai dari menulis, membaca, menyimak, dan mendengarkan. Selain itu, kau juga akan belajar skill pendidikan dan manajemen kelas yang dapat menjadi bekal untuk kau yang mau menjadi guru.
  4. Termasuk Jurusan yang Santai
    Jurusan yang ada di bawah naungan Fakultas Ilmu Adat itu tenar sebagai jurusan yang santai, seperti jurusan Pengajaran Alumnus dan Sastra Indonesia. Kau tak perlu keder cari outfit semi formal untuk ke kampus. Pakai kaos boleh, pakai sandal juga tak ada yang melarang.
  5. Tidak Memiliki Banyak Saingan
    Percaya atau tak, cuma orang-orang yang jatuh cinta pada ilmu bahasan dan karya sastralah yang berani mengambil keputusan untuk masuk ke jurusan ini dan jumlahnya tak banyak. Hal ini membikin jurusan Pengajaran Alumnus dan Sastra Indonesia tak terlalu memiliki banyak kompetitor.

Prospek Kerja Jurusan Pengajaran Alumnus dan Sastra Indonesia

  1. Guru atau Energi Pendidik
    Prospek kerja pertama dari jurusan Pengajaran Alumnus dan Sastra Indonesia merupakan menjadi seorang guru atau daya pengajar. Di beberapa kampus kau akan mendapatkan materi pedagogik dan pendidikan yang dapat menjadi bekal kau untuk menjadi guru. Selain itu wawasan tentang bahasa dan sastra Indonesia juga dapat menjadi bekal untuk kau.
  2. Penulis
    Apabila kau suka menulis dan membaca novel sastra ada baiknya masuk jurusan Pengajaran Alumnus dan Sastra Indonesia supaya kelak menjadi seorang penulis novel. Di sini kau akan banyak banyak bersua dengan bermacam-macam karya sastra, bagus sastra lama, modern hingga populer. Segala karya sastra ini dapat menjadi referensi untuk kau dapat menulis karya mu sendiri.
  3. Jurnalis
    Selain menjadi penulis karya sastra, kau juga dapat memilih untuk menjadi seorang jurnalis. Banyak jurnalis berlatar belakang sarjana Sastra. Untuk menjadi seorang jurnalis, kau semestinya mempersiapkan diri dengan terus berlatih tentang tulis-menulis.

Hal ini akan kau dapatkan di perkuliahan, yang mengedepankan aspek bacaan dan penulisan. Selain itu juga, alumni jurusan Pengajaran Alumnus dan Sastra Indonesia cukup sensitif kepada gramatikal kalimat dan harmonisasi alinea.

  1. Alih
    Alumnus jurusan Pengajaran Alumnus dan Sastra Indonesia memiliki kesempatan bagus untuk dapat masuk ke dunia translation, bagus itu dalam bentuk tulisan maupun dalam bentuk lisan. Akan namun jika kau mau menjadi seorang ahli terjemah, kau semestinya merajai minimal 2 bahasa yang termasuk dalam lingua franca.
  2. Leksikografer
    Leksikografer merupakan seseorang yang ahli dalam perkamusan. Tugas utamanya merupakan menulis, membentuk, dan mengedit kamus. Kamus yang biasa dibuat merupakan kamus bahasa asing, kamus pelajar, kamus istilah maupun kamus bilingual. Alumnus jurusan Pengajaran Alumnus dan Sastra Indonesia merupakan salah satu alumni yang paling ideal untuk berprofesi Leksikografer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *