Profil Pendidikan dan Rapor Pendidikan

Profil Pendidikan adalah laporan komprehensif berkenaan layanan pendidikan sebagai hasil berasal dari Evaluasi Sistem Pendidikan yang digunakan sebagai landasan untuk peningkatan kualitas layanan pendidikan dan penetapan Rapor Pendidikan. Rapor Pendidikan adalah indikator terpilih berasal dari Profil Pendidikan yang merefleksikan prioritas Kemendikbudristek yang digunakan untuk menilai kinerja tempat dan satuan pendidikan. Rapor Pendidikan diperoleh berasal dari perbandingan nilai indikator antar th. (akan ditampilkan merasa th. 2023).

Profil Pendidikan

Profil Pendidikan merupakan laporan hasil evaluasi layanan pendidikan sebagai penyempurnaan rapor kualitas sebelumnya. Fungsinya adalah (1) single source of data sebagai dasar analisis, perencanaan, dan tindak lanjut peningkatan kualitas pendidikan, (2) Alat ukur yang berorientasi pada kualitas dan pemerataan hasil studi (output), (3) Instrumen pengukuran untuk evaluasi proses pendidikan secara keseluruhan baik untuk evaluasi internal maupun eksternal, (4) Profil pendidikan menjadi sumber data untuk rencana di tingkat satuan pendidikan slot server thailand super gacor dan rencana di tingkat pemerintah daerah, dan (5) Instrumen yang meringankan beban administrasi satuan pendidikan bersama mengurangi aplikasi beragam didalam proses evaluasi internal dan eksternal.

Sumber data Profil Pendidikan berasal berasal dari Asesmen Nasional (AKM, Survei Karakter, & Survei Lingkungan Belajar), Dapodik, Platform Digital Guru dan Kepala Sekolah, Tracer Study SMK, Data GTK. BPS, dan lain-lain. Adapun dimensi-dimensinya antara lain: Dimensi A yakni Mutu dan relevansi hasil studi peserta didik, Dimensi B yaituPemerataan pendidikan yang bermutu, Dimensi C yakni Kompetensi dan kinerja GTK, Dimensi D yakni Mutu dan relevansi pembelajaran, dan Dimensi E yakni Pengelolaan satuan pendidikan yang partisipatif, transparan dan akuntabel. Tiap dimensi terdiri berasal dari beberapa indikator level 1. Indikator level 1 terdiri berasal dari beberapa indikator level 2, dan indikator level 2 terdiri berasal dari beberapa indikator level 3. Beberapa indikator level 2 tidak punya indikator level 3, dan beberapa indikator level 1 tidak punya indikator level 2

Rapor Pendidikan

Rapor Pendidikan dan Perencanaan Berbasis Data adalah salah satu alat bantu bagi satuan pendidikan dan dinas pendidikan untuk terus bersama melakukan perbaikan kualitas layanan pendidikan. Rapor Pendidikan dan rencana berbasis data adalah perangkat dan langkah untuk (1) Mengidentifikasi akar permasalahan, (2) Refleksi capaian pendidikan sejauh ini, dan (3) bahan diskusi secara konstruktif bersama beraneka pemangku kepentingan pendidikan untuk membenahi kualitas pendidikan. Jadi bukan untuk (1) Menghukum dan mencari siapa yang salah, (2) Memeringkatkan satuan dan daerah, (3) Membanding-bandingkan pencapaian, dan (4) Menjadi tambahan beban dokumen administrasi yang tidak bermakna.

Rapor Pendidikan terdiri berasal dari indikator-indikator yang merefleksikan delapan Standar Nasional Pendidikan dan termasuk tempat yang mengenai bersama input, proses, dan output pembelajaran. Kualitas capaian pembelajaran siswa (Output) dicermati berasal dari Dimensi A dan dimensi B. Kualitas Proses Belajar siswa (Output) dicermati berasal dari Dimensi D. Sedangkan kualitas Sumber Daya Manusia dan Sekolah (Input) dicermati berasal dari Dimensi C dan Dimensi E.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *