Gibran Sebut Program Makan Siang Gratis Baru Tahap Uji Coba

Calon wakil presiden nomer urut 2, Gibran Rakabuming Raka menyebut, program makan siang gratis bagi anak-anak baru didalam tahap uji coba.

“Ini kan kami uji cobalah dulu,” kata Gibran di Solo, Jawa Tengah, dilansir dari Antara, Jumat (1/3/2024).

Menurut Wali Kota Surakarta ini, uji cobalah program makan siang gratis bagi anak-anak dapat ada evaluasi, terlebih melibatkan para siswa, orang tua siswa, guru, dan kepala sekolah.

“Ya nanti jika ada masukan slot gacor 777 dievaluasi ya, pasti dapat diperbaiki ulang skema-skema yang ada sekarang,” ucap Gibran.

Meski demikian, ia enggan menjelaskan lebih lanjut mengenai dengan program makan siang gratis. Sebab, Gibran mengaku, sementara ini tetap fokus selesaikan tugasnya sebagai Wali Kota Surakarta.

“Sekarang aku fokus dengan pekerjaan yang ada di Solo dulu,” katanya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengecek simulasi penerapan program makan siang gratis untuk pelajar tingkat pendidikan basic sampai menengah yang berlangsung di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Curug, Kabupaten Tangerang, Banten.

“Agenda hari ini kami memandang simulasi penerapan makan dengan cost sebesar Rp15.000 per porsi. Saya memandang di masing-masing kelas, dan ini tidak benar satu sekolah yang volunteer mempersiapkan makanan untuk anak-anak,” katanya.

Dari hasil peninjauannya itu, pihaknya memandang proses bagian makanan sehat bagi pelajar ini dinilai lumayan baik. Di tiap-tiap paket makanan yang di sediakan berikut punyai kandungan gizi yang cukup, baik kalori maupun protein.

Menurut dia, simulasi program makan siang gratis yang dilangsungkan di sekolah negeri di tempat Kabupaten Tangerang ini dapat menjadi percontohan bagi tempat lain jika program berikut udah terealisasikan.

Pemerintah Buka Opsi Pakai Dana BOS Biayai Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran

Pemerintah membuka opsi untuk membiayai program makan siang gratis punya pasangan capres nomer urut 02, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dari dana Bantuan Operasional Sekolah atau (BOS). Hal ini disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto.

Meski demikian, pemerintah dapat lakukan kajian lebih lanjut mengenai pemakaian dana BOS untuk pembiayaan program makan siang gratis Rp15.000 per anak jika kegiatan simulasi udah banyak dilaksanakan di beragam wilayah Indonesia. Adapun, dana BOS merupakan dukungan pendidikan yang berasal dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

“Rencana nanti kami formulasikan (dana BOS), jika simulasinya (makan siang gratis) udah banyak,” ujar Airlangga kepada awak tempat di Kementerian Perekonomian, Jakarta Pusat, Kamis (29/2/2024).

Saat ini, Airlangga mengaku pemerintah belum lakukan pembahasan mengenai pemakaian dana BOS untuk pembiayaan program makan siang gratis punya Prabowo-Gibran.

“Kita belum memastikan (dana BOS),” tegasnya.

Terkait sumber anggaran untuk kegiatan simulasi program makan siang gratis di SMP Negeri 2 Curug, Kabupaten Tangerang, terhadap hari ini, Kamis (29/2). Airlangga menyebut, anggaran berikut berasal dari Pemda Kabupaten Tangerang yang bertindak sebagai sukarelawan atau volunteer.

“Dari pemda (Kabupaten Tangerang),” pungkasnya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *